Bentuk Program
a.
Bentuk Program Berdasarkan Jenisnya
Bentuk–bentuk kegiatan program
berdasarkan jenisnya yang mencerminkan Corporate Social Responsibiliy (CSR)
antara lain :
1.
Grants (Hibah) : untuk membiayai
kegiatan tertentu dan dirasakan manfaatnya secara langsung misalnya membangun
perpustakaan umum untuk menggairahkan minat baca.
2.
Equipment : perusahaan memberikan
bantuan komputer bagi sekolah yang membutuhkan peralatan tersebut untuk
meningkatkan kualitas anak didik
3.
Staff secondments : memberikan
bantuan keahlian dengan memperbantukan karyawan yang kompeten dalam kegiatan
yang dilaksanakan masyarakat
4.
Training : Pelatihan ketrampilan
yang siap pakai
5.
Projects : Pengembangan ternak
unggul, bibit unggul, dsb.
6.
Use of facilities : Pemanfaatan
kemudahan perusahaan seperti poliklinik, lapangan olah raga, dsb.
7.
Visitor Centres : untuk memenuhi
rasa ingin tahu (curiosity) anggota masyarakat.
8.
Open house: Membuka kesempatan pada
publik sebagai tamu untuk mengenal proses bisnis perusahaan. Environmental
improvements : membantu pengadaan air bersih bagi masyarakat, pengelolaan
limbah perusahaan, penanganan polusi udara yang ditimbulkan oleh kegiatan
perusahaan, dll.
9.
Corporate Philantrophy : Alokasi
dana untuk beasiswa, pengembangan seni budaya, penulisan buku dsb.
b.
Bentuk Program Berdasarkan Ruang
Lingkupnya
1.
Bentuk program secara internal
perusahaan adalah pengelolaan dampak lingkungan hidup (limbah, polusi udara
serta kebisingan)
2.
Bentuk dan ruang lingkup program
pengembangan masyarakat (Comdev)
· Community
Relation
Pengertian
Kegiatan-kegiatan yang menyangkut
pengembangan kesepahaman melalui komunikasi dan informasi kepada para pihak
yang terkait (konsultasi kegiatan dengan komuniti, sosialisasi, promosi dan
sebagainya).
Fungsi
Meminimalisasi perbedaan konsepsi dan pikiran antara masyarakat, korporat dan pemerintah.
Meminimalisasi perbedaan konsepsi dan pikiran antara masyarakat, korporat dan pemerintah.
Indikator
Ø Terbentuk
suatu persepsi yang sejalan antar masing-masing pihak, baik masyarakat lokal,
pemerintah, maupun korporat.
Ø Hubungan
baik dan saling mendukung antar stakeholder.
· Community
Services
Pengertian
Merupakan pelayanan korporat untuk
memenuhi kepentingan masyarakat ataupun kepentingan umum serta penyediaan
sarana prasarana yang dibutuhkan publik (seperti pelayanan kesehatan Cuma-suma,
bantuan-bantuan sosial, donasi, penyediaan sarana pendidikan, sarana ibadah dan
sebagainya).
Fungsi
Ø Untuk mengantisipasi
timbulnya kecemburuan sosial antar kelompok masyarakat
Ø Melengkapi
kebutuhan publik (masyarakat) akan sarana prasarana yang telah disediakan
pemerintah bagi pelayanan kebutuhan mereka (pendidikan, kesehatan, ekonomi dan
lain sebagainya).
Ø Membantu penyediaan
/ perbaikan sarana ibadah.
Indikator
Ø Terciptanya
suasana yang kondusif antara masyarakat, pemerintah dan korporat.
Ø Masyarakat
dapat mengakses sarana prasarana pelayanan publik sesuai kebutuhannya.
· Community
Empowering
Pengertian
Program-program yang diarahkan dalam rangka penguatan kapasitas dan memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk menunjang kemandiriannya (pengembangan usaha kecil, pendidikan dan pelatihan dsb).
Program-program yang diarahkan dalam rangka penguatan kapasitas dan memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk menunjang kemandiriannya (pengembangan usaha kecil, pendidikan dan pelatihan dsb).
Fungsi
Menciptakan masyarakat yang berdaya
dan mandiri (baik sosial ekonomi maupun kelembagaan).
Indikator
Ø Menciptakan
kemampuan masyarakat dalam menemukan altenatif ekonomi jangka panjang
Ø Menguatnya
kelembagaan lokal yang mampu mempelopori tumbuhnya prakarsa-prakarsa lokal
Ø Kemandirian
masyarakat.
Alokasi
Anggaran
Untuk
memudahkan dalam proses pengadministrasian maka, pengelolaan anggaran dibagi
berdasarkan bidang program yakni :
1. Bidang
Pendidikan 25%
2. Bidang
Ekonomi Sosial dan Kemasyarakatan 25%
3. Bidang
Kesehatan 25%
4. Bidang Kamtibmas
& lingkungan hidup 25%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar